Mengenal Empat Jenis Kayu Olahan Bahan Furniture

Pada tulisan sebelumnya kita telah bahas Jenis Kayu Bahan Furniture, yaitu kayu solid dan kayu olahan dengan Kelebihan dan Kekurangannya. Kali ini kita akan lebih spesifik mengenali jenis-jenis kayu olahan yang biasa dipakai sebagai bahan furniture. Sekarang ini, furniture dengan bahan kayu olahan telah banyak mengisi toko-toko mebel, bahkan mall-mall pun juga menyediakan bagian khusus untuk penjualan furniture yang hampir 90% berbahan kayu olahan. Untuk itu, sebelum membeli furniture di sana lebih baik jika kita Mengenali Jenis-Jenis Kayu Olahan.

1. Particle Board (PB) atau Chipboard

Bahan Furniture Particleboard
Partikel board adalah papan yang terbuat dari partikel kayu (baik kayu yang dihancurkan menjadi serbuk kasar ataupun berasal dari sisa pekerjaan kayu) yang dicampur dengan kimia khusus kemudian dipadatkan dengan mesin bertekanan tinggi. Kualitas particle board yang terdapat di pasaran sangat bervariasi dilihat dari kepadatannya. Kepadatan particle board diukur dengan satuan E (emission) dan kualitas yang paling baik untuk particle board adalah E = 0 (nol).

Kelemahan kayu olahan jenis ini adalah tidak dapat menopang beban yang terlalu berat karena akan melengkung. Penggabungan particle board juga memerlukan lem atau sekrup khusus. Jika disatukan dengan sekrup biasa atau paku, akan sering kali lepas. Selain itu, finishing particle board tidak bisa dengan cat atau coating karena tekstur permukaannya yang kasar. Untuk menutupinya, biasanya dipakai lapisan vinir atau kertas tiruan (fancy paper).

Harga particle board paling murah dibandingkan dengan kayu olahan lainnya. 

2. Medium Density Fiberboard (MDF)

Kayu Olahan Medium Density Fiberboard
Proses pembuatan MDF sama dengan particle board, hanya bahannya lebih halus yaitu berupa bubur  atau serbuk kayu halus sehingga papan yang dihasilkan lebih padat dan kuat daripada particle board. Karena terbuat dari serbuk kayu halus, pengerjaan MDF juga lebih fleksibel, yaitu mudah dipotong, dibor, dan dibentuk, serta bermacam finishing dapat diterapkan pada permukaannya. Di samping itu, kekuatannya pun lebih merata di seluruh bidang. 

Dengan kompresi suhu yang lebih tinggi, akan diperoleh papan yang lebih padat dan kuat yang disebut High Density Fiberboard (HDF). 

3. Blockboard

Kayu Olahan Blockboard
Blockboard
Blockboard adalah papan yang terbuat dari potongan balok-balok kayu kecil berukuran 4 - 5 cm yang dipadatkan menggunakan mesin dan diberi pelapis vinir di kedua sisinya menjadi lembaran papan. Potongan kayu yang digunakan biasanya dari kayu lunak. Kayu olahan jenis ini bagus untuk membuat Kitchen Set. Yang banyak beredar di pasaran adalah teak block, yaitu blockboard yang diberi lapisan terluar dari irisan kayu jati (vinir teak) dan sungkaiblock (vinir sungkai).

Harga blockboard lebih mahal dari kayu olahan di atas, namun masih lebih murah dibanding plywood.

4. Kayu Lapis (plywood)

Kayu Olahan Plywood
Playwood
Kayu lapis atau plywood terdiri dari sejumlah lapisan tipis lembaran kayu yang direkatkan menjadi satu membentuk papan dengan mesin bertekanan tinggi dan perekat khusus tahan lembap. Tiap lapisan dipasang saling menyilang untuk mendapatkan hasil yang kuat. Jenis kayu bahannya bisa berupa kayu keras atau lunak. Kayu lapis yang terdiri dari tiga lapisan disebut tripleks, yang lebih dari itu disebut multipleks. 

Karena relatif lebih kuat dari kayu olahan lainnya, kayu lapis atau plywood paling mahal di antara kayu olahan lain.

Tips 

Kayu olahan lemah terhadap air dan kelembapan. Jika Anda ingin membuat furniture yang berhubungan dengan seperti kitchen set, sebaiknya Anda menggunakan plywood atau minimal blockboard. Particle Board, MDF dan blockboard sebaiknya dipakai untuk Bahan Dasar Furniture seperti almari atau ambalan hiasan, dan diletakkan pada tempat yang relatif aman dari kedua musuh kayu olahan tersebut. Jika terlanjur terkena tumpahan cairan, segera bersihkan furniture berbahan kayu olahan secepatnya.
Itulah empat jenis kayu olahan bahan furniture. Silakan share dengan tombol Google+ atau Facebook di bawah ini. ?

0 Response to "Mengenal Empat Jenis Kayu Olahan Bahan Furniture"

Posting Komentar

Halaman